Gundam-gundaman

Pfffft.. gara-gara mention-mentionan sama shirom soal gunpla alias gundam plastik, jadi kangen pengen bikin lagi.

image

Ini nih yang bikin saya jatuh cinta sama gundam. Padahal saya bukan fans film anime ini, tapi waktu itu, sehabis ujian kelulusan, menunggu yudisium, saya mengisi waktu dengan proyek ini. Sebenarnya sudah lama saya ingin membuat pepakura seperti ini, tapi… hmmm, keinginan saya belum kuat sepertinya. Lalu saat saya ke solo untuk bertemu pacar saya waktu itu –sekarang udah putusšŸ˜„ *curcol — saya menginap d kos seorang teman, dan di kamarnya saya melihat gundam kertas yang cukup besar, tingginya sekitar 20-30 cm klo tidak salah ingat. Dari situlah keinginan saya menguat. Lalu setelah kembali ke jakarta, sayapun langsung googling mencari designnya. Dengan kata kunci pepakura atau papercraft mbah googgle akan menunjukkan puluhan, ratusan, bahkan ribuan design kerajinan tangan ini. Dari robot, hewan, motor, mobil, superhero, dan masih banyak lagi. Tapi memang banyak design pepakura dari situs berbahasa jepang sehingga menyusahkan kita mana yang harus di klik untuk mendownloadnya, tapi cukup banyak juga situs berhuruf latin yang menyediakan design seperti ini. Saya lupa saya dapat dari mana design ini, saya hanya ingat situsnya berbahasa jepang. Bukan berarti saya bisa bahasa jepang atau bisa baca huruf jepang, tapi saat itu saya hanya beruntung saja saat mencoba-coba meng-klik beberapa link di situs tersebutšŸ˜€ Gundam kertas ini saya buat selama 3 hari, bahkan saya sempat lupa makan dan tidak mandi saat membuatnya karena terlalu menikmati proses. Haha,,absurd! 3 hari agak lama menurut saya karena saya hanya berhenti saat solat dan saat hari mulai gelap. Tapi waktu itu saya tidak punya crafting tutorialnya. Ya,saya hanya mengandalkan gambar-gambar dengan tulisan berhuruf jepang di situs itu. Saya sempat juga berusaha membuat papercraft lain, gorila, motor, dan spiderman. Yang gorila hasilnya tidak cukup bagus, designnya terlalu sederhana menurut saya. Sedangkan yang motor, motor sport yamaha, designnya terdiri dari 23 lembar kertas ukuran A4. Tapi sayangnya tidak selesai saya buat karena saya keburu naik kelas ke gundam plastik — bukan kertas lagi :)) — Hanya ini yang saya sempat selesaikan..

image

seri superhero

Saya memang suka dengan model chibi. Lucu menurut saya..

Setelah saya kerja, bergaji, saya bisa membeli gunpla dengan uang saya sendiri. Dulu sebelum lulus kuliah, saya sempat magang di kantor pajak di jogja, salah satu senior saya di kantor itu ada yang suka bikin gunpla. Bahkan saat itu dia merakitnya di kantor! Ga boleh di ikuti kalau yang kaya gini.. Gunpla pertama saya adalah Gundam Infinite Justice. Merknya Hongli, buatan cina. Dari review-review yang saya baca, merk ini yang kualitasnya cukup bagus dan harganya murah. Yang kualitasnya terbaik katanya dari merk Bandai, buatan jepang, tapi harganya lebih dari 2x lipatnya Hongli. Saat itu saya masih ingin coba-coba, jadi saya beli yang murah dulu saja. Hehe..

image

Saya merakit gundam ini cukup lama, karena saya merakitnya malam, setelah pulang kantor, sedangkan lampu kamar masih kurang nyaman. Saya juga ingin menikmati proses merakit, tidak mau cepat selesai pokoknya. Di eman-eman kalau orang jerman bilang. Dari pembelian gunpla ini saya dapat bonus gundam SD seri tokoh cina, Liu Bei.

image

Lucu kan? Ini model chibiĀ juga, tapi kalau dalam dunia gunpla di sebut seriĀ SD. Bukan SD karena kecil kaya anak SD, tapi dalam dunia per-gunpla-an ada grade yang menunjukkan kesulitan dan ukuran gunpla itu sendiri.

image

blog.gundamplanet.com

Kalau tidak salah, ada lagi yang berukuran 1/48. Saya belum pernah melihat juga sih, tapi kalau tidak salah lagi, saya pernah baca di kaskus ada seller yang menjual gundam berukuran ini. Sebenarnya tidak selalu 1/100 adalah master grade, ada juga yang ukuran 1/100 tetapi grade-nya High Grade. Perbedaannya ada di kedetailan partnya, High grade tidak sedetail Master Grade. Seperti gambar di bawah ini, gundam High Grade biasanya tangannya selalu mengepal, sedangkan Gundam yang saya buat ini berukuran 1/100 Master Grade. Sudah cukup lumayan untuk pemula seperti saya. Part yang paling saya suka adalah tangan, jari-jarinya bisa bergerak soalnya..

image

Partnya memang kecil-kecil, untuk membuat seperti foto di atas saja butuh sekitar 15-20an bagian. Lihat saja yang dibutuhkan untuk membuat satu robot gunpla lengkap..

image

Setelah selesai merakit infinite juctice, saya mulai ketagihan. Sebulan kemudian saya membeli gundam Strike+IWSP.

image

IWSP tu apa ya.. saya juga lupa. Integrated Weapon apa gitu. Maksudnya yang ada di belakang badan robot itu, pesawat yang bisa berubah menjadi senjata untuk robot. Jadi ingat power rangersšŸ˜€ Sebenarnya infine justice juga mempunyai bagian yang mirip seperti ini, tetapi menurut saya bukan senjata berat seperti IWSP, lebih sebagai alat terbang. Sedangkan IWSP mempunyai cannon besar di pundak dan keteknya gundam strike ini. Sayangnya saya tidak sempat memfoto hasil lengkapnya gundam strike, gambar di atas hanya kardus pembungkusnya, sedang ini hanya kepalanya saja.

image

Setelah selesai merakit gundam strike+iwsp, saya mulai lagi mencari gunpla baru. Incaran saya waktu itu adalah gundam shinanju atau unicorn, tapi akhirnya saya membeli gundam shinanju karena ada yang menjual dengan harga cukup murah waktu itu..

image

Ini gundam saya yang paling saya suka. Modelnya keren, dan yang paling saya suka adalah warna merahnya. Lebih menyala. Haha. Setelah menyelesaikan gundam shinanju ini, sayangnya saya sudah mulai sibuk dengan urusan kantor. Mulai dari diklat sampai persiapan pindah ke daerah penempatan saya yang baru. Saya harus segera pindah ke kupang ternyata. Dan di kupang ini untuk membeli gunpla yang kebanyakan sellernya ada di jawa, saya merasa berat di ongkos kirimnya.

image

Hanya tiga gundam plastik itu yang saya sempat rakit di jakarta. Di laptop saya masih ada beberapa design papercraft gundam. Sekarang saya sedang tugas di salah satu kabupaten di NTT, besok siang saya kembali ke kupang, dan saya bertekad akan membuat proyek papercraft lagi besok! Pokoknya besok begitu sampai kupang saya akan langsung print designnya!

Leave a Reply

